Minggu, 24 Mei 2009

pakaian pengantin

PAKAIAN PENGANTEN PROVINSI JAMBI

No
NAMA PERLENGKAPAN
URAIAN MAKNA/ARTI
I
KOTA JAMBI

WANITA KOTA JAMBI
1. Pasangkon

Pasangkon atau mahkota juga disebut mahkoto terbuat dari kain beledru merah dengan bersulam benang emas dengan motif flora. Fungsinya sebagai penutup kepala yang melambangkan ratu atau Ibu rumah tangga

2. Anting-anting

Anting adalah hiasan yang biasanya digunkan khusus bagi kaum wanita, inilah yang membedakan kaum wanita dengabn pria, bentuk anting-anting menyerupai, kupu-kupu dan ada yang menyerupai gelang bajor (menyerupai cincin). Terbuat dari emas Jambi.

3. Kalung

Kalung yang dipakai oleh wanita terdiri dari kalung rantai sembilan, kalung tapak jayo (mirip bulan sabit), kalung untuai yang terbuat dari kertas warna warni seperti putih, merah, hijau dan kuning (kalung ini masa lalu disebut dengan bunga melati) bahan dari emas.

4. Gelang

Gelang yang disebut dengan gelang kilat bahu, gelang kano, gelang buku bunbun, gelang yang dipakai ini bermakna tidak boleh diganggu artinya telah ada yang empunya. Bahan dari emas.

5. Baju

Wanita memakai baju kurung tanggung, yang disebut juga blus, bahan dari beledru merah atau kuning. Baju juga bersulam benang emas bermotif jung sarat atau perahu penuh, melambangkan kesedian hidup bersama dalam mengharungi rumah tangga seperahu penuh.

6. Sabuk
Sabuk atau ikat pinggan atau pending sabuk pinde yang terbuat dari kain beledru warna hitam dengan lukisan warna warni (ada juga yang bersulam benang emas motif flora) melamabangkan kebebasan dan kegembiraan.

7. Selendang
Selendang yang dipakai ada yang berwana hijau, biru, kuning, oranye yang terbuat dari bahan sutera.

8. Teratai

Teratai atau penutup dada dengan bermotif flora yang bersulam benang emas, bahan dari kain beledru yang berwarna merah, hijau, biru, kuning dan oranye yang terbuat dari bahan sutera.

9. Kain Songket/Sarung Songket

Kain Sarung Songket/Kain Songket yang warna merah dengan motif flora melambangkan keagungan wanita yang berfungsi sebagai perlengkapan kain panjang.


PRIA KOTA JAMBI

a. Lacak

Lacak terbuat dari kain songket yang sudah dikeraskan dan dilapisi dengan kertas tebal. Lacak biasanya warna merah dan bersulam benang emas dengan motif kepak ayam patah (bermakna tidak dapat terbang maksudnya pengantin pria sudah terikat sebagai suami dan dia tidak bebas seperti masa jejaka. Fungsinya sebagai penutup kepala dalam kelengkapan pakaian adat.

b. Baju

Baju disebut dengan baju teluk belango dengan dasar kain beledru warna merah atau kuning dan bersulam benang emas dengan motif bunga tinggi dan bintang beralih ini melambangkan tinggian peranan seorang suami.

c. Selendang
Selendang yang dipakai adalah selendang songket warna merah

d. Sesamping
Kain songket warna merah

e. Gelang Kilat Bahu
Gelang yang terbuat dari emas dengan motif naga

f. Sabuk

Sabuk/Pending/ikat pinggang terbuat dari bahan wool merah, melambangkan kebebasan dan kegembiraan.

g. Celana
Celana disebut dengan celana cangge bersulam benang emas bermotif flora tinggi dan bintang beralih dengan dasar beledru warna merah atau kuning, melambangkan keberanian dan berfungsi sebagai celana kebesaran.


penulis : Dra. Nurlaini
Pengelola Koleksi Museum Negeri Jambi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar